\"Penutupan\" Pemerintahan AS Mengancam Misi ke Mars


KOMPAS.com - Penutupan pertama pemerintahan Amerika Serikat dalam 17 tahun terakhir bukan hanya akan memberi dampak negatif bagi perekonomian tetapi juga misi antariksa.

Beberapa pihak berspekulasi bahwa jika deadlock tak kunjung selesai maka misi baru ke Mars yang rencananya diluncurkan November akan tertunda.

Peneliti Badan penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengatakan bahwa misi bisa tertunda hingga 2016 karena penutupan pemerintahan telah membekukan persiapan peluncuran.

Penutupan pemerintahan berdampak besar bagi NASA yang harus meminta 550 karyawan dari total 18.000 untuk cuti serta menghentikan operasionalnya.

Misi ke Mars selanjutnya adalah peluncuran Mars Atmosphere and Volatile Evolution (Maven). Dijadwalkan, wahana itu akan diluncurkan dari Cape Canaveral pada 18 November 2013.

Maven hanya punya kesempatan menunggu hingga 7 Desember 2013. Bila waktu itu lewat, Maven harus menunggu 26 bulan kemudian sehingga jarak antar Bumi dan Mars mendukung peluncurannya.

Anggota tim Maven mengatakan, "Situasi ini mengkawatirkan tapi ini belum waktunya untuk panik."

"Kami perhatian pada isu ini, pastinya, tapi kami memiliki rentang dalam jadwal kita, dan tim berkomitmen untuk memanfaatkan peluang peluncuran ini," kata Bruce Jakosky , pimpinan investigasi misi Maven seperti dikutip Pentagon Post, Rabu (2/10/2013).

"Jika itu berarti bahwa kami harus bekerja double shift dan 7 hari seminggu, kami akan melakukannya," imbuhnya.

Maven yang berbiaya 565 juta dollar AS  bertujuan untuk memahami lapisan tipis atmosfer Mars yang didominasi karbon dioksida serta bagaimana perubahannya dari waktu ke waktu.

Jakosky mengungkapkan, saat ini yang dilakukan adalah memastikan bahwa perangkat keras wahana itu tetap aman sehingga ketika penutupan pemerintahan usai, wahana siap diluncurkan.

Editor : Yunanto Wiji Utomo


http://sains.kompas.com/read/xml/2013/10/02/1817544/.Penutupan.Pemerintahan.AS.Mengancam.Misi.ke.Mars
◄ Newer Post Older Post ►
 

© mehrir Powered by Blogger