Patung Picasso Termahal Ini Akan Dilelang


KOMPAS.com — Satu patung karya seniman dunia, Pablo Picasso, akan dilelang bulan depan dan diperkirakan bisa mencapai 25 juta dollar AS hingga 35 juta dollar AS.

Picasso memberikan replika patung ke kota Chicago dan menyimpan model patung itu untuk dirinya sendiri, yang akan dilelang oleh Christie's di New York pada awal November.

Patung setinggi sekitar satu meter itu awalnya dimiliki cucu Picasso, Marina, sebelum berpindah tangan ke pedagang seni, Jan Krugier.

Adapun replika patung yang dibuat setinggi 15 meter dengan bahan dari baja selesai dibuat pada tahun 1967 dan dipajang di Plasa Daley, Chicago.

Patung yang diberi nama Tete ini sempat mengundang kontroversi di kalangan warga Chicago karena beberapa orang mengharapkan patung yang indah.

Patung Picasso termahal

Bagaimanapun Tete kemudian menjadi salah satu lambang kota terbesar ketika di Amerika Serikat itu.

Sharon Kim dari Christie's mengatakan, Picasso memberikan patung ke Chicago karena Institut Seni kota tersebut yang pertama kami memamerkan karyanya.

Ketika Dewan Kota Chicago menawarkan 100.000 dollar AS untuk patung tersebut, Picasso menolak. Balai lelang Christie's memperkirakan Tete diperkirakan akan menjadi patung Picasso yang termahal.

Sebelum ini, patung termahal karya Picasso berhasil terjual senilai 29 juta dollar AS pada tahun 2007, yaitu untuk patung Tete de Femme.

Editor : Yunanto Wiji Utomo


http://sains.kompas.com/read/xml/2013/10/04/2236418/Patung.Picasso.Termahal.Ini.Akan.Dilelang
◄ Newer Post Older Post ►
 

© mehrir Powered by Blogger