Langsung ke konten utama

\"Menelanjangi\" Lukisan Karya Raden Saleh


KOMPAS.com - Jubah putih yang dikenakan perempuan itu seperti seragam yang digunakan dokter di rumah sakit. Ia bekerja bak peneliti di laboratorium dengan kaca pembesar yang didesain menempel di kaca matanya. Matanya fokus menatap satu titik. Tangannya memegang kayu kecil seperti lidi, di ujungnya ada kapas yang basahi larutan kimia. Ia mengoleskan kapas basah itu ke permukaan sebuah lukisan.

Kapas putih perlahan berubah menjadi cokelat kehijaun. Terus ia lakukan berulang-ulang kali ke permukaan lukisan. Ini bukan sembarang lukisan, tetapi lukisan Penangkapan Diponegoro (The Arrest of Prince Diponegoro) yang bersejarah karya pelukis termashur Indonesia, Raden Saleh!

Perempuan itu adalah Susanne Erhards, ahli restorasi lukisan dari kantor biro restorasi Köln Gruppe. Ia didatangkan dari Jerman oleh pusat kebudayaan Jerman, Goethe Institut Jakarta. Sejak awal Juli lalu, Susanne merestorasi tiga lukisan karya Raden Saleh Syarif Bustaman.

Rencananya, ia akan berada di Indonesia sampai akhir September 2013. Satu lukisan yang sudah selesai di restorasi adalah yang berjudul Dutch colonial troops patrolling Mount Merapi and Merbabu (Tentara Belanda Berpatroli Gunung Merapi dan Merbabu) milik pengusaha Hashim Djojohadikusumo.

Lukisan Penangkapan Diponegoro masih dalam tahap pengangkatan pernisnya. Lukisan ini biasanya selalu menghiasi Istana Negara, Jalan Merdeka Utara. Sedangkan satu lukisan lagi Harimau Minum, yang ada di Istana Bogor, menunggu giliran selanjutnya. Semua upaya restorasi ini bisa terlaksana karena kerja sama pemerintah dan beberapa lembaga.

"Yayasan Arsari milik Pak Hashim juga membantu," Verena Lehmkuhl dari Goethe Institut menjelaskan. Restorasi lukisan dikerjakan di Museum 4 Istana Bogor, Jawa Barat.

Yang menarik dari tahap restorasi ini, banyak "rahasia" lukisan tersebut yang tersingkap. Saat lapisan pernis dikupas dengan cairan kimia khusus mulai terlihat lukisan asli Raden Saleh. "Terlihat lebih banyak detail. Lebih berdimensi," jelas Susanne. Ia menunjuk gambar prajurit-prajurit yang menangkap Diponegoro.

"Orang-orang yang di depan sangat detail, lalu orang-orang yang di belakangnya terlihat sepertinya ia tidak tertarik untuk menyelesaikannya lukisannya. Tetapi ini sebenarnya sudah selesai." Wajah prajurit di belakang Diponegoro memang dibuat agak tersamar seperti konsep kamera yang membuat blur atau tersamar latar belakangnya. "Untuk mendapat kedalaman ruang dalam lukisan", begitu kata Susanne.

Memang saat lapisan pernis mulai dikupas oleh larutan kimia khusus, terlihat warna dan detailnya menjadi lebih terang. "Pernis membuat warna lukisan menjadi agak kehijauan", begitu terang Susanne sambil menunjuk kereta kuda dalam lukisan itu. Setidaknya Susanne menemukan dua lapisan pernis.

Sepanjang pengetahuannya pernis pertama dilakukan oleh pelukisnya sendiri, yang kedua saat lukisan ini dikembalikan pemerintah Belanda ke pemerintah Indonesia tahun 1970. Lapisan pernis pertamanya tidak dikupas terlebih dahulu. Sudah ada upaya restorasi sebelum dikembalikan ke pemerintah Indonesia.

"Pernisnya terbuat dari getah damar," Susanne menjelaskan. Untuk mengangkat pernis ini harus diketahui dahulu bahan dasarnya. Setelah diketahui barulah dicari larutan kimia yang bisa mengangkatnya tanpa merusak cat lukisan tersebut. Jadi tidak asal menggunakan larutan kimia. Tergantung kandungan pernisnya. "Saya mencampur larutan kimia sendiri," lanjutnya lagi.

Semakin ia kupas lapisan pernisnya banyak hal yang dia temui. Contohnya, jari kelingking perempuan yang memeluk kaki Diponegoro beberapa kali di revisi oleh Raden Saleh. Proporsinya aneh, ternyata Raden Saleh sengaja memendekkan jari kelingking itu. Entah apa alasannya.

Saat ia mulai mengupas pernis gambar kereta kuda, ia menemukan kalau satu sisi kereta kuda memiliki warna dan detail yang banyak sedang bagian lainnya seperti hanya blok warna. Warna aslinya pun terlihat: lebih keabuan bukan kehijauan.

"Fungsi pertama pernis untuk melindungi dari debu dan goresan. Fungsi keduanya untuk estetika, untuk lebih cemerlang atau mendapat kedalaman lukisan," Susanne menerangkan fungsi pernis pada lukisan. Sebagai ahli restorasi banyak hal yang ia dapatkan dalam setiap lukisan yang ia kerjakan.

"Seperti dalam area ini," katanya sambil menunjukan satu titik dalam lukisan Diponegoro. "Ini tidak terlalu detail di gambar, ini menunjukan kontruksi lukisan Rasen Saleh. Kadang Anda bisa lihat banyak bagian dan banyak lapisan disatukan bersama untuk membuat satu mata atau bagian rambut. Ini sangat menarik untuk dilihat, banyak detail berbeda yang bisa dijelaskan nanti dalam dokumentasi saya." lanjutnya lagi.

"Saya sangat terkesan. Caranya menggambar, teknik dan gayanya. Mungkin ini masterpice-nya," jawabnya saat ditanya tentang lukisan Penangkapan Diponegoro. "Ia banyak mengubah detail cara mengambarnya. Saya pikir, ini sangat sangat baik, sangat baik cara menggambarnya," dengan sangat yakin ia menyatakan pendapatnya tentang lukisan itu.

"Apakah lukisannya sangat bergaya Eropa? Ya, tentu saja sangat bergaya Eropa," ia menambahkan. Kelebihan lukisan yang dibuat pada 1857 di Batavia ini adalah,"Tidak banyak ditemukan rusak karena penuaan, aging cracks. Hal normal bagi lukisan gaya Eropa abad ke-19," lanjut Susanne lagi.

Bincang-bincang dengan Susanne Erhards memang mengasyikan, wawasannya luas soal lukisan dan preservasinya. Seperti kata Verena Lehmkuhl dari Goethe Institut," Kami mengundang ahli seperti Susanne yang sangat berkomitmen dan berpengalaman untuk menjelaskan pekerjaannya dan seberapa pentingnya preservasi."

Rencananya setelah lapisan pernis diangkat akan ditunggu seminggu agar larutan kimia benar-benar kering. Lalu mulailah kerusakan-kerusakan cat lukisan diperbaiki. Memperbaikinya bukan dengan cat minyak tetapi menggunakan cat air agar tidak merusak cat aslinya. Setelah itu akan dipernis ulang secara keseluruhan.

Bagi yang ingin melihat hasil restorasinya tunggu saja pada April 2014, ketiga lukisan ini akan dipamerkan untuk umum. Jadi, bersiaplah untuk mengantre pamerannya tahun depan. (Feri Latief/National Geographic Indonesia)

Editor : Yunanto Wiji Utomo


http://sains.kompas.com/read/xml/2013/09/05/2033178/.Menelanjangi.Lukisan.Karya.Raden.Saleh

Postingan populer dari blog ini

40 Arti Bahasa Gaul di Facebook

"Alamat facebookmua apa?"... "Aku banyak teman di facebook!" ... "ada ada gebetan di facebookku..." itulah kata yang sering kita dengar dari manusia - manusia "facebook" karena mereka rela meninggalkan semua pekerjaan hanya mencermati facebook saja. Hingga ada islilah baru untuk manusia - manusia yang sering menggunakannya yaitu "facebooker".
facebooker juga menggunakan bahasa "funky" antara lain seperti berikut :

1. ALAY :
Singkatan dari Anak Layangan, yaitu orang-orang kampung yang bergaya norak. Alay sering diidentikkan dengan hal-hal yang norak dan narsis.
2. KOOL :
Sekilas cara membacanya sama dengan “cool” (keren), padahal kata ini merupakan singkatan dari KOalitas Orang Lowclass, yang artinya mirip dengan Alay
3. LEBAY :
Merupakan hiperbol dan singkatan dari kata “berlebihan”. Kata ini populer di tahun 2006an. Kalo tidak salah Ruben Onsu atau Olga yang mempopulerkan kata ini di berbagai kesempatan di a…

Ular Pemangsa Mayat, Mengherankan, Ular Itu Paham Bahasa Manusia

Warga menunjukkan sarang ular di samping sebuah nisan. Meski sudah lama dilepas dan dikembalikan ke tempat semula di lubang kuburan yang ambruk, ular itu sampai sekarang masih menjadi pembicaraan hangat di kalangan masyarakat Batumar-mar, Pamekasan. Bahkan, sebagian besar masyarakat Batumar-mar meyakini bahwa ular sepanjang 4 meter berdiameter 40 cm yang ditangkap Madin (42), warga Kampung Kabe’en, Desa Bujur Barat, Kecamatan Batumar-mar, itu sebagai ular jadi-jadian.
Warga menyebut ular itu berjenis cobra, tetapi pengamat ular dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (Unair), E Joko Putranto, menduga jenis ular itu sebagai ular sawah atau ular piton. Jika ular piton, maka ular itu kemungkinan merupakan jenis Retikulatus. Ular ini merupakan ular piton yang sisiknya berwarna hitam.
Selain diduga memangsa mayat, ular berkulit hitam dan lorek putih itu dipercaya mengerti bahasa manusia sehingga Madin, yang mengurung ular di dalam kotak kayu berpintu kawat se…

3 Dinosaurus yang Lebih Ganas,Besar dan Kuat dari T-rex

Apa dinosaurus pemakan daging terbesar terkuat, dan terganas? tyrannosaurus? tidak lagi!

Selama 100 tahun terakhir,hanya tyrannosarus yang diketahui sebagai pemakan daging terkuat,bahkan secara mekanis tidak ada yang menyaingi nya,tetapi semua berubah ketika pada tahun 1990-an,3 kerangka yang ditemukan,satu di amerika selatan dan 2 di afrika,dan benar saja si raja karnivora itu pun tergantikan

di post ini saya akan mengurutkan peringkat peringkat dinosaurus karnivora yang lebih besar dari tyrannosaurus rex dari peringkat 3 sampai 1

3# giganotosaurus

adalah dinosaurus pemakan daging terbesar yang pernah berburu didaratan. Ia bahkan lebih besar dari tyrannosaurus rex. Dengan rahangnya yang menyerupai gunting tajamnya dan gigi yang bergerigi, mereka dapat menggigit tembus kedalam daging seperti pisau memotong masuk kedalam mentega. Rahangnya cukup besar untuk menelan seorang manusia dewasa secara utuh! Bila ukurannya tidak membuat takut terlebih dahulu, giganotosaurus mungkin aka…

Sebuah Istana Dalam Perut Bumi (+ foto)

Gua Jeita terletak di tengah sisi-sisi barat pegunungan Libanon, lebih khusus lagi di lembah al-Kalb Nahr, pintu masuk alam adalah sekitar 100 meter (330 kaki) di atas permukaan laut. Ini terletak 5 kilometer (3.1 mil) timur pantai Mediterania dan 18 kilometer (11 mil) utara Beirut masih dalam batas-batas kotamadya Jeita
Gua Jeita tergolong dalam gua berstrata Jurasik Keserouane Bawah-Tengah yang memiliki ketebalan stratigrafi dari 1.000 meter (3.300 kaki) dan terdiri dari dolostone dan kapur micritic. Strata Keserouane menjadi karstified setelah terkena udara dan kemudian terkubur dengan Kapur. Dari pintu masuk gua kedalam .tampak dataran halus datar yang kadang-kadang terputus oleh cascades kecil dan deras. Dari barat, gua Jeita dimulai dengan aula besar dan berliku liku-liku. Melalui beberapa jeram, ukuran menjadi sempit. kemudian meluas dikenal sebagai gua Thompson (250 meter (820 kaki) panjang dan 60 meter (200 kaki) lebar), Grand Chaos 500 meter (1.600 kaki) panjang) dan Mroueh’s …

12 Dewa dan Dewi Yunani Beserta Tugasnya

1) zeus

Zeus adalah raja para dewa dalam mitologi Yunani.
Dalam Theogonia karya Hesiodos, Zeus disebut sebagai "Ayah para Dewa dan manusia". Zeus tinggal di Gunung Olimpus. Zeus adalah dewa langit dan petir. Simbolnya adalah petir, elang, banteng, dan pohon ek. Zeus sering digambarkan oleh seniman Yunani dalam posisi berdiri dengan tangan memegang petir atau duduk di tahtanya. Zeus juga dikenal di Romawi Kuno dan India kuno. Dalam bahasa Latin disebut Iopiter sedangkan dalam bahasa Sansekerta disebut Dyaus-pita.

Zeus adalah anak dari Kronos dan Rea, dan merupakan yang termuda di antara saudara-saudaranya. Zeus menikah dengan adik perempuannya, Hera yang menjadi dewi penikahan. Zeus terkenal karena hubungannya dengan banyak wanita dan memiliki banyak anak. Anak-anaknya antara lain Athena, Apollo dan Artemis, Hermes, Ares, Hebe, Hefaistos, Persefon, Dionisos, Perseus, Herakles, Helene, Minos, dan Mousai.

Zeus membagi dunia menjadi tiga dan membagi dunia-dunia tersebut d…

Jenis-Jenis Shotgun

Sebuah senapan (juga dikenal sebagai scattergun dan peppergun, atau senapan berburu) adalah senjata api yang biasanya dirancang untuk ditembakkan dari bahu, yang menggunakan energi dari shell tetap untuk menembakan sejumlah pelet bola kecil yang disebut proyektil padat yang disebut shells. Senapan ini mempunyai banyak ukuran, mulai dari 5,5 mm (0,22 inci) bore up sampai 5 cm (2 inci).
1.Remington Model 870


adalah senapan patah dengan sistem pump-action buatan Amerika Serikat yang diproduksi oleh Remington Arms Company, Inc. Senapan ini banyak digunakan untuk keperluan olah raga menembak, berburu dan pertahanan diri. Selain digunakan oleh sipil, senapan ini banyak digunakan oleh penegak hukum dan militer di seluruh dunia.

Senapan ini dikembangkan melalui empat tahapan besar yaitu dengan dibuatnya Remington Model 10 yang kemudian dikembangkan menjadi Remington Model 29. Dengan bantuan John Browning, John Pedersen sebagai desainer senapan ini membuat Remington Model 17 yang man…

Jeritan Mistis Dan Teriakan Allahhuakbar Dari Lubang Misterius di Siberia

Surat kabar berbahasa Finnish yang berjudul ‘Ammennusatia’ pernah lama ini mengungkap kejadian yang misterius. Disebutkan satu tim geologi yang menangani penggalian lubang dengan kedalaman 14,4 Km pada kerak bumi di Siberia (negara pecahan Uni Soviet) mengaku telah mendengar jeritan manusia dari perut bumi. Para ilmuwan khawatir bahwa mereka telah meloloskan suatu ‘kekuatan jahat’ ke atas permukaan bumi. “Informasi yang kami kumpulkan sangat mengejutkan. Kami benar-benar khawatir apa yang mungkin kami dapatkan di bawah” jelas Dr. Dmitri Azzacov, manajer proyek di pinggiran kota Siberia. Hal lain yang mengejutkan adalah temperature tinggi yang ada di dalam putaran bumi. Perhitungan menunjukkan bahwa temperatur mencapai 1,100 derajat Celcius atau diatas 2,000 derajat Fahrenheit’. Dr. Azzacov juga menyatakan ini lebih jauh dari yang diperkirakan, kelihatan hampir mirip api neraka yang dahsyat di pusat bumi. Lebih lanjut, Dr. Azzacov menceritakan, saat itu mesin bor dalam proyek penggal…

Ditemukan Lubang Hitam 5 Kali Lebih Besar dari Massa Matahari

Ditemukan Lubang Hitam 5 Kali Lebih Besar dari Massa Matahari | Dapunta
representasi visual dari suatu sistem biner yang mirip dengan XTE J1859 226 / Foto: Jesús Corral Santana (IAC)

Para periset dari Instituto de Astrofisica de Canarias (IAC) telah menemukan keberadaan satu lubang hitam yang massanya 5,4 kali lebih besar dari massa Matahari.Berlokasi di sistem biner Sinar-X XTE J1859 +226. Observasi tersebut dilakukan dari Gran Telescopia Canarias (GTC), pemerolehan data spekroskopik pertama dari sistem biner untuk dipublikasikan, merupakan penentu penemuan ini.Biner sinar-X merupakan sistem bintang yang tersusun dari objek padat (yang mungkin bintang neuron atau sebuah lubang hitam) dan sebuah bintang ‘normal’ Objek padat itu mengisap bintang dan menambahkannya pada massanya sendiri, melalui semacam cakram spiral yang dibentuk disekitar sistem biner tersebut. Proses penyerapan ini dikenal dengan akresi. Hanya ada 20 sistem biner, diluar populasi perkiraan sekitar 5000 dal…

Kisah Keturunan Raja Ubiet di Pedalaman Rimba Aceh

Hidup terisolir selama puluhan tahun di tengah Hutan membuat keturunan Raja Ubiet tak tersentuh peradaban modern. Mereka yang dulunya melarikan diri dari kejaran Belanda dari Keumala-Tangse ke pedalaman pucuk Gunung Itam. Ironisnya, mereka baru mengetahui jika Indonesia sudah merdeka pada tahun 1985. Bahkan sampai saat ini ada di antara mereka yang tak pernah makan garam, takut turun gunung karena menganggap Negeri masih di kuasai Belanda. Bagaimana kisahnya?

Raja Ubiet adalah Raja Keumala-Tangse, Aceh Pidie yang membawa pengikut dan keturunannya ke Gunung Itam di gugusan Bukit Barisan di Nagan Raya untuk menghindari kejaran penjajah Belanda. Mereka hidup secara tradisional mengandalkan kemurahan alam untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mereka hidup dalam peradaban yang nyaris tanpa sentuhan modernisasi.

Saat ini, ada 50 kepala keluarga yang menempati 50 rumah di hulu Sungai Krueng Tripa di pegunungan itu. Mereka dipimpin Teuku Raja Keumala (50), keturunan langsung Raja Ubiet. Teuku R…

10 Kisah Wanita Psikopat Yang Menggetarkan Dunia

Meski sudah sering mendengar kasus wanita yang membunuh korbannya dengan sadis, tapi tetap saja kita semua terperangah begitu muncul kasus-kasus pembunuhan lain yang menyangkut pelaku wanita. sudah kodratnya, wanita digambarkan sebagai manusia lemah lembut dan penyayang, karena itu kalau ada wanita berprilaku di luar dari ‘garis' itu, dianggap sebagai penyimpangan.

Berikut ini daftar wanita-wanita tersadis di dunia berdasarkan kekejian dan jumlah korban yg dibunuh

1. Belle Sorenson Gunness -Korban: 42
Dari 10 nama perempuan tersadis di dunia, Belle Sorens Gunness, berada di peringat pertama. Wanita ini dinilai super sadis yang membunuh para korbannya demi memuaskan kesenangan dan keserakahannya. Diperkirakan Belle telah membunuh 42 korban. Yang mengerikan, wanita ini membabat korbannya karena keserakahannya pada harta benda. Beberapa sejarawan mengatakan, Belle juga telah membunuh dua anaknya dengan cara meracuni mereka hanya agar bisa mengklaim uang…