3 Bulan Berlayar, Kapal Tenaga Surya \"Buang Sauh\" di Sungai Seine

PARIS, KOMPAS.com - Kapal bertenaga matahari terbesar di dunia, sukses melintasi Samudera Atlantik, setelah berlayar selama tiga bulan. Kapal ini merapat di tepian Sungai Seine, Paris, Perancis, Selasa (10/9/2013).

Kapal Turanor PlanetSolar memiliki panjang 31 meter, bertolak dari Miami, Amerika Serikat pada Juni 2013. Martin Beniston, ahli klimatologi dan kepala Institut Universitas Geneva untuk Ilmu Lingkungan, memimpin ekspedisi ini.

Pelayaran menempuh rute ke arah timur, melintasi Samudera Atlantik. Selama perjalanan mereka mengambil sampel air dan mengukur perkembangan udara. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui lebih banyak tentang interaksi kompleks antara samudra dan atmosfer.

Kapal bernilai 20 juta dollar AS tersebut dipenuhi panel photovioltaic yang menghimpun energi panas dari matahari untuk kemudian disimpan dalam baterai lithium raksasa yang menggerakkan kapal. Tidak ada rincian lebih lanjut tentang kecepatan kapal selama berlayar yang menjelaskan waktu berlayar selama tiga bulan.

Kapal PlanetSolar senilai 20 juta dollar AS ini dipenuhi dengan panel photovioltaic yang menghimpun energy panas dari matahari untuk menambah tenaga pada baterai lithium raksasa yang menggerakan mesin kapal ini. Tidak dirinci berapa kecepatan dari kapal bertenaga matahari ini sehingga memerlukan waktu tiga bulan melintasi Samudera Atlantik .

Editor : Palupi Annisa Auliani


http://sains.kompas.com/read/xml/2013/09/11/0855082/3.Bulan.Berlayar.Kapal.Tenaga.Surya.Buang.Sauh.di.Sungai.Seine
◄ Newer Post Older Post ►
 

© mehrir Powered by Blogger