Kehidupan di Bumi Mungkin Berasal dari Mars


KOMPAS.com - Dari mana kita semua berasal? Studi terbaru mengungkapkan bahwa kehidupan di Bumi mungkin berasal dari Mars.

Baru-baru ini, ilmuwan menganalisis sebuah meteorit yang berasal dari Mars. Mereka menemukan adanya unsur bernama molybdenum dalam bentuk yang telah teroksidasi.

"Hanya bila Molybdenum ada dalam bentuk yang sangat teroksidasi maka unsur itu bisa memengaruhi permulaan kehidupan," kata Steven Benner dari Westheimer Institute for Science and Technology di Florida.

Molybdenum dalam bentuk yang sangat teroksidasi tidak bisa ditemukan di Bumi. Sebabnya, bumi pada awal terciptanya kehidupan, sekitar 3 miliar tahun lalu, miskin unsur oksigen.

Para peneliti percaya, unsur Molybdenum yang teroksidasi mendorong terciptanya makhluk hidup di Bumi.

Molekul organik memang syarat utama terciptanya kehidupan. Namun, molekul ini butuh pemantik lain sehingga kehidupan benar-benar tercipta.

Panas dan cahaya akan mengubah sup molekul menjadi menyerupai aspal. Para ilmuwan percaya, hanya dengan penamabahan molybdenum atau boron, molekul organik tersebut baru bisa menjelma menjadi makhluk hidup.

"Analisis pada meteorit Mars baru-baru ini menunjukkan bahwa obyek itu memiliki kandungan boron. Kami sekarang percaya bahwa bentuk molybdenum yang teroksidasi juga ada di sana," kata Benner seperti dikutip Space, Kamis (29/8/2013).

Benner memaparkan hasil penelitiannya di Goldschmidt Geology Conference di Florida, Kamis kemarin.

Editor : Yunanto Wiji Utomo


http://sains.kompas.com/read/xml/2013/08/30/1147337/Kehidupan.di.Bumi.Mungkin.Berasal.dari.Mars
◄ Newer Post Older Post ►
 

© mehrir Powered by Blogger