Hujan Jakarta Hari Ini Masih Bisa Berlangsung Hingga Malam

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan mengguyur Jakarta sepanjang hari sejak Kamis (4/7/2013) hingga Jumat (5/7/2013) hari ini. Untuk hari ini, hujan masih bisa berlangsung hingga malam hari.

"Hari ini hujan masih berpotensi terjadi di Lampung, Banten, dan Jabodetabek. Potensi hujan masih bisa berlangsung hingga malam nanti," kata Hariadi, Kepala Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kepada Kompas.com hari ini.

Hariadi mengungkapkan, hujan sejak Kamis kemarin dipengaruhi oleh adanya anomali suhu muka laut dan wilayah bertekanan rendah di Laut Jawa dan Samudera Hindia.

Di laut Jawa di atas Jawa Barat, terjadi aktivitas pembentukan awan. Karena pengaruh tekanan rendah di Samudera Hindia yang lebih kuat, maka awan bergerak ke selatan dan timur, sampai di wilayah Jabodetabek.

Akibat yang muncul dari fenomena meteorologis itu adalah hujan di wilayah Jabodetabek dan juga di Jawa Tengah dan Jawa Timur, walaupun wilayah itu seharusnya sudah memasuki kemarau.

Berdasarkan citra radar pukul 12.00 hari ini, BMKG sempat mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem. Cuaca ekstrem tersebut terjadi di wilayah jabodetabek sepertio Ancol, Sunter, Rawabadak, Cilincing, Pluit, Tanjung Priok, Jatinegara, Bekasi, dan sekitarnya.

Peringatan cuaca ekstrem berlaku hingga pukul 16.00 WIB tadi. Untuk selanjutnya, BMKG akan menyebarkan peringatan cuaca ekstrem lagi bila kondisi berlanjut.

Hariadi sendiri memprediksi bahwa hujan karena anomali suhu muka laut dan wilayah bertekanan rendah di Laut Jawa ini hanya akan berlangsung sebentar. Besok dan lusa, cuaca Jabodetabek akan lebih cerah. Namun, anomali lain bisa memicu hujan di kali lain.

Indonesia sebenarnya saat ini sudah memasuki kemarau. Namun karena anomali suhu muka laut, pembentukan awan masih aktif sehingga memicu hujan. Indonesia diramalkan basah sepanjang 2013.

Editor : Yunanto Wiji Utomo


http://sains.kompas.com/read/xml/2013/07/05/1701492/Hujan.Jakarta.Hari.Ini.Masih.Bisa.Berlangsung.Hingga.Malam
◄ Newer Post Older Post ►
 

© mehrir Powered by Blogger