Selasa, 06 November 2012

Peradaban Kuno di Dunia (Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika)

A.Peradaban Kuno Di Asia
1.Dataran tinggi Dekkan.

Dataran ini berada di India bagian selatan yang daerahnya terdiri dari bukit-bukit dan gunung-gunung yang kering dan tandus.Dataran tinggi Dekkan ini kurang mendapatkan hujan sehingga daerahnya terdiri atas padang rumput savana yang amat luas.


2.Mohenjo-Daro dan Harapa

Mohenjo-Daro dan Harappa berada di India.Harappa berada di daerah Punjab dekat sungai ravi dan Mohenjo-Daro berada di daerah shindu yang kini masuk wilayah Pakistan.Kedua kota itu merupakan ibukota daerah lembah sungai Shindu.Bagian selatan kota Harappa dan Mohenjo-Daro di bagian utara.
Kelebihan-kelebihan kota itu adalah sebagai berikut:
Kebudayaan kuno India ditemukan di kota
tertua India yaitu daerah Mohenjodaro dan
Harappa .

Penduduk Mohenjodaro & Harappa adalah
bangsa Dravida
Mohenjodaro dan Harappa merupakan kota tua
yang dibangun berdasarkan :
- Perencanaan yang sudah maju
- Rumah-rumah terbuat dari batu-bata
- Jalan raya lurus dan lebar
- Saluran air bagus
Terdapat hubungan dagang antara
Mohenjodaro dan Harappa dengan Sumeria.

3.Peradaban lembah Sungai Kuning (Hwang Ho)
Sejarah tertua di Cina dimulai dari muara Sungai Kuning (Hwang-Ho, sekarang bernama Huang-He). Tetapi di Cina terdapat dua sungai besar, yaitu Sungai Hwang-Ho dan Yang Tse Kiang (Sekarang bernama Chang Jiang). Sungai Kuning atau Hwang-Ho bersumber di daerah pegunungan Kwen-Lun di Tibet. Setelah melalui daerah pengunungan Cina Utara, sungai panjang yang membawa lumpur kuning itu membentuk dataran rendah Cina dan bermuara di Teluk Tsii-Li di Laut Kuning.

Daerah lembah Sungai Hwang Ho subur dikarenakan lumpur kuning yang dibawa oleh sungai tersebut. Tetapi sungai Hwang Ho ini juga mengakibatkan hal buruk yaitu:
- Air sungai Hwang Ho membeku pada musim dingin dan mengakibatkan masyarakat Cina kesulitan untuk melaksanakan kehidupannya.
- Saat musim semi tiba, salju mencair dan menimbulkan air bah serta menggenangi dataran yang sangat luas.
Ada beberapa dinasti yang ada di Cina yaitu :
(1) Dinasti pertama yang berkuasa di Cina adalah dinasti Syang (Hsia).
Berdasarkan cerita rakyat Cina, pada zaman dinasti Syang telah berkembang sistim kepercayaan memuja para dewa. Dewa tertinggi yang bernama Dewa Shang-Ti. Dinasti Syang berakhir sekitar tahun 1766 SM dan digantikan oleh dinasti Yin (1700-1027 SM).

(2) Dinasti Yin
(dikarenakan kurangnya data penulis tidak dapat menuliskan sejarah dinasti Yin ini)

(3) Dinasti Chou adalah dinasti ketiga yang berkuasa di Cina.
Pada zaman ini sistem yang pemerintahannya dipegang oleh seorang raja bawahan atau raja vajal.Pada zaman kekuasaan dinasti Chou ini muncul tokoh-tokoh filsafat yang memiliki peranan penting dalam perkembangan kehidupan rakyat Cina hingga kini, seperti Lao Tse dan Kong Fu Tse.

(4) Dinasti Chin
Dinasti ini didirikan oleh raja Cheng yang bergelar Shih Huang Ti.Di bawah pemerintahannya, untuk kali pertama kali Cina merupakan negara kesatuan yang diperintah oleh satu raja saja.
Pembaharuan-pembaharuan yang terjadi pada masa pemerintahannya:
-Penghapusan aturan-aturan feodalisme.
-Penghapusan system raja vazal
-Pembentukan provinsi dan pengangkatan gubernur.

(5) Dinasti Han
Dinasti Han mencapai masa kejayaannya di bawah pemerintahan kaisar Han Wu Ti. Kerajaan Cina meliputi Asia Tengah, Kore, Mansyuria Selatan, Anam, Sinking.
Setelah kaisar Han Wu Ti meninggal pada tahun 87 M, Dinasti Han mengalami kemunduran dan akhirnya runtuk pada tahun 221 M. ketika terjadi kekacauan bangsa tartar menyerang Cina, dan akhirnya sebagian negeri Cina dapat dikuasainya. Namun pada abad ke-7 M negeri Cina berhasil dipersatukan kembali di bawah pemerintahan kaisar-kaisar dari Dinasti T'ang.

(6) Dinasti Tang
Kerajaan T'ang didirikan oleh Li Shih Min yang terkenal dengan nama Kaisar T'ang T'ai Tsung. Ia memperluas wilayah kekuasaannya ke luar negeri Cina seperti selatan menguasai Ton-kin, Annam dan Kamboja. Ke sebelah barat menguasai Persia dan laut Kaspia.Di bawah kekuasaan T'ang T'ai Tsung, dinasti T'ang mencapai masa kejayaannya. Pada bidang seni syair dan seni lukis terdapat seniman-seniman yang terkenal seperti Li Tai Po, Tu Fu, dan Wang Wei.
Tindakan-tindakan kaisar T'ang T'ai Tsung yang menarik perhatian rakyatnya adalah sebagai berikut:

Dikeluarkannya undang-undang yang
mengatur pembagian tanah.
Membuat peraturan-peraturan pajak.
Membagi Kerajaan Cina menjadi 10
Provinsi.

Pada abad ke-10 M, dinasti T'ang runtuh dan negeri Cina kembali mengalami kekacauan dan silih berganti raja-raja memerintah. Baru pada tahun 960 kekacauan ini berhasil diatasi dan selanjutnya berdiri Dinasti Sung.

4.The Great Wall Of China
The Great Wall Of China atau biasa disebut Tembok Besar Cina dibangun pada masa pemerintahan Dinasti Chin (namun ada sumber lain yang menyatakan tembok cina didirikan pada dinasti yin.) pada masa pemerintahan kaisar Shih Huang Ti dengan tujuan Untuk menghalang-halangi gerakan-gerakan dari bangsa pengembara yang berada di sebelah utara negeri Cina.

Shih Huang Ti memerintahkan untuk membangun tembok besar yang dikerjakan selama kira-kira 18 abad dan berakhir pada zaman Dinasti Ming (abad ke-17 M).Namun sebelumnya di daerah Cina utara sudah dibangun dinding terpisah untuk menangkal serangan yang dilakukan oleh suku di sebelah utara cina.Dinding-dinding itu dihubungkan menjadi tembok raksasa yang panjangnya 7000 Km dan tingginya 16 m serta lebarnya 8 m.

5.Para Filsuf dari Cina

A.Lao Tse
Ajaran Lao Tse tercantum dalam bukunya yang berjudul Tao Te Cing. Lao Tse percaya bahawa ada semangat keadilan dan kesejahteraan yang kekal dan abadi, yaitu bernama Tao..Ajaran Lao Tse bernama Taoisme. Ajaran ini digunakan di cina selama kurang lebih 24 abad di Cina.

B.Kong Fu Tse
Ajaran Kong Fu Tse berdasarkan Tao juga. Menurut ajaran Kong Fu Tse, Tao adalah sesuatu kekuatan yang mengatur segala-galanya dalam alam semesta ini, sehingga tercapai keselarasan. Jadi bisa dibilang Tao adalah tuhan mereka

3.Meng Tse
Meng Tse (372-280 SM) adalah seorang murid Kong Fu Tse yang melanjutkan ajaran gurunya. Namun pada peleksanaannya ia tidak mengajarkan ajaran gurunya kepada para bangsawan, Namun pada rakyat jelata.

6.Eufrat dan Tigris
Mesopotamia adalah suatu daerah yang terletak diantara dua sungai, yaitu sungai Eufrat dan Tigris (Mezo=tengah, potamus=sungai)
Terletak di Asia Barat Daya, yang berbatasan dengan :

Teluk Persia dan Iran sebelah Timur
dan Timur Laut
Iran dan Turki, sebelah Utara
Sirya dan Yordania, disebelah Barat
Saudi Arabia dan Kuwait, disebelah
Selatan
Didaerah Mesopotamia ada berbagai kerajaan/bangsa yaitu :

1.Bangsa Sumeria

Bangsa Sumeria merupakan penguasa pertama daerah Mesopotamia
Hasil Kebudayaan Bangsa Sumeria :
Mengenal bentuk tulisan yang disebut
huruf paku
Menggunakan batu-bata sebagai bahan
bangunan untuk membuat tembok
rumah
Mengetahui penanggalan : 1 tahun terdiri 12 bulan = 350 hari, 1 hari terdiri : 24 jam, 1 jam = 60 menit, 1 menit = 60 detik
Mengetahui suatu lingkaran = 360
Dalam kesusastraan menghasilkan
wiracarita/kisah kepahlawanan yaitu :
Gilgamesh
Kepercayaan bangsa Sumeria adalah kepercayaan terhadap gejala dan kekuatan alam sehingga dikenal beberapa dewa yaitu : Dewa Langit, Dewa Bumi, Dewa Lautan
Telah mengadakan hubungan dengan kota Mohenjodaro dan Harappa

2.Bangsa Babilonia Lama (3000 SM)
Raja Babilonia I adalah Hamurabi (+1900 SM)
Hasil Kebudayaan bangsa Babilonia I adalah :
Codex Hamurabi, yaitu undang-undang yang
dipahatkan di batu yang berisi : larangan main
hakim sendiri, sehingga keamanan dan
keadilan masyrakat dijunjung tinggi.Hukum
perdata dan pidana
Konsep kepercayaan bangsa Babilonia I telah
mengenal dewa-dewa.
Dewa Marduk merupakan Dewa Utama
Kerajaan Babilonia I hancur setelah mendapat serangan dari Bangsa Asyiria

3.Bangsa Assyria
Bangsa Asyiria merupakan bangsa yang militan dan sangat kejam.
Bangsa Asyiria mendirikan kerajaan di tepi Sungai Tigris dengan ibukotanya Niniveh. Niniveh merupakan pusat peradaban bangsa Asyiria.
Pada masa kekuasaan Raja Sagon (732 SM) bangsa Asyiria menguasai daerah : Funisia, Palestina, Libanon, dan Israel (bangsa Israel dijadikan budak)
Pada Masa Raja Assarbanibal (650 SM) bangsa Asyiria berhasil menguasai Mesir

4.Babilonia Baru

Nebopalasar sebagai pendiri kerajaan Babilonia baru.Babilonia mencapai kejayaan pada masa Nebukadnezar (612-536 SM)
Hasil kebudayaan Babilonia baru adalah :
Taman gantung dan Istana Bertingkat
Menara Babilonia, tidak pernah selesai
karena pekerjanya berselisish faham
karena tidak mengerti bahasa masing-
masing
Babilonia baru melanjutkan kebudayaan
Babilonia lama dan Sumeria
Telah mengenal ilmu perbintangan :
gerhana matahari dan bulan.
Kerajaan Babilonia berakhir ( + 536 SM).

7. The Hanging Garden
Taman gantung babilonia(The Hanging Garden)adalah taman yang didirikan oleh peradaban Babilonia diatas bukit-bukit buatan.Taman-taman tadi dikatakan taman gantung, karena jika dilihat-lihat seolah-olah taman itu menggantung.

8 Codex Hamurabi
Codex Hammurabi adalah hukum
atau undang-undang yang di buat oleh raja Hammurabi. Hukum ini dibuat pada
prasasti batu yang tingginya 8 kaki atau sekitar 2,5 m dan diletakan ditengah-tengah kota Babilonia. yang berisi : larangan main hakim sendiri, sehingga keamanan dan keadilan masyrakat dijunjung tinggi dan juga Hukum perdata dan Pidana.


B.Peradaban Afrika

9.Peninggalan Kebudayaan Mesir
A.Piramida
Piramida, yaitu bangunan yang terbuat dari batu yang disusun berbebtuk kerucut yang berfungsi untuk menyimpan mummi. Tinggi piramida mencapai 137m. Biasanya didepan piramida ada Sphinx.

B.Sphinx
Sphinx, adalah patung hewan-hewan mitologis yang bebadan singa dan bermuka manusia, yang melambangkan kekuatan Firaun(raja Mesir kuno) yang melebihi manusia biasa.
C.Obelix
Obelix,adalah tugu-tugu yang menjulang tinggi ke angkasa, sebagai tempat pemujaan dewa Amon-Ra(Bulan-Matahari).

D.Mummi
Mummi adalah mayat raja-raja Mesir Kuno yang diawetkan. Para raja Mesir Kuno diawetkan karena menurut orang-orang mesir jiwa orang yang meninggal akan tetapi hidup terus dan berada pada badan jasmaninya apabila jasmaninya tidak rusak.

10.Candragupta II (375-415 M).
Candragupta II terkenal sebagai Wikramaditiya. Seperti raja-raja kerajaan Gupta lainnya ia beragama Hindu. Namun beliau tidak mempersulit agama Budha dan tidak menganggap remeh agama Budha. Bahkan pada masa pemerintahannya berdiri Universitas gupta sebagai perguruan tinggi agama Budha. Pada masa pemerintahan Candragupta II terkenal seorang pujangga yang bernama Kalidasa dengan karangannya berjudul Syakuntala

C. Peradaban Eropa

11.Filsuf dari Yunani

-Socrates, dengan ajarannya tentang Ilmu Kebijakan (filsafat etika) atau kesusilaan dengan logika sebagai dasar untuk membahasnya,
-Plato, dengan ajarannya mengenai ilmu ketatanegaraan dan undang-undang.
-Hippokrates, dengan ajarannya menyangkut kode etik dokter (sumpah dokter).

12.Acropolis dan Helenisme
a.Acropolis.
Acropolis merupakan bagian kota Athena. Acropolis berarti kota tinggi, sebab letaknya di daerah perbukitan. Acropolis ditujukan sebagai tempat pemujaan Dewi Athena.Di Acropolis terdapat banyak anak tangga mencapai punjaknya.


b.Helenisme
Helenisme adalah percampuran kebudayaan Hellas (yunani) dengan kebudayaan Mesir dan Persia yang menghasilkan kebudayaan baru.

13.Illyas dan Odysea
Illias(dari sumber lain Illyas dikatakan Illyad) dan Odysse, adalah kitab karya Homeros, isinya menceritakan tentang terjadinya perang Troya, syair-syairnya, dan penyebutan beberapa tentang kota kuno Troya.

14.Galius Yulius Caecar.
Galius Yulius Caecar adalah panglima yang unggul dan amat dicintai prajuritnya. Bersama pasukannya, ia mampu menaklukan Galia, menyerbangi sungai Rhin, dan mengadakan dua kali ekspedisi ke Britaninia(Inggris).

D. Peradaban Amerika
15.Peradaban Maya, Inka dan Aztex.

A. Perdaban Inka di peru.
Kerajaan Inca terletak di Peru tepatnya disekitar danu Titicaca dekat pegunungan Andes.Pendirinya adalah Manco-Copac tahun 500 M.
Wilayah Kekuasaannya : Bolivia, Chili, Brazilia dan Equador terjadi pada masa Raja Sinci Roca 1105 M. Raja Sinci Roca 1105 M merupakan pemersatu bangsa Indian. Tiap wilayah diberi hak otonomi yang disebut Ayllu.

Hasil kebudayaan Suku Inca adalah :
Bangunan-bangunan Istana Megah terbuat dari batu
Kepercayaan : percaya pada dewa-dewa. Dewa yang disembah adalah Dewa Viracocha (dewa pencipta alam ), Dewa Matahari, Dewa Bulan, Dewa Bumi dan Dewa Laut.
Mayat suku Inca biasanya diawetkan (mummi)
Mata pencahariannya adalah hasil petanian dan berburu serta menagkap Ikan.

B.Peradaban Maya
Kerajaan Maya terletak di Meksiko Selatan dan Amerika Tengah. Wilayah Kerajaan Maya meliputi : Semenanjung Yukatan(Meksiko), Honduras, dan Guatemala.

Kebudayaan Maya :
Telah mengenal tulisan yang disebut huruf Hierogliyph. Mata pencaharian pokoknya adalah pertanian

Telah mengenal Ilmu Astronomi :
Sistem Kalender berdasarkan peredaran matahari , 1 tahun = 365 hari
Sistem Kalender berdasarkan kepercayaan , 1 tahun = 260 hari
Teknilogi tinggi, yaitu mampu membuat bangunan kuil yang tinggi dan bertingkat 229
Kepercayaan suku maya memuja banyak dewa (politheisme), seperti Dewa laut, Dewa Matahari

C.Peradaban Aztec

Sebenarnya peradaban Maya lah yang menjadikan peradaban Aztec. Karena kota yang dulunya adalah kota peradaban Maya yang telah hancur ditemukan oleh orang-orang Azteck dan mereka menghormati kota tersebut.Kerajaaan Aztec berdiri sekitar tahun 1298 M dan mencapai puncak kejayaannya pada tahun 1450 M. Kerajaan Aztec mengalami kehancuran setelah datangnya bangsa Spanyol, dengan raja terakhirnya Monte Zuma II.Pusat kerajaan Aztec yaitu didaerah semenanjung Yukatan-Mexico.

Hasil Kebudayaan suku Aztec :
Kuil berbentuk piramida yang tengahnya berlubang untuk memasukan kurban (emas dan perak)
Konsep kepercayaannya menyembah dewa-dewa
Ditemukan patung di kota Vera Cruz, yang beratnya 30 ton sebagai perwujudan dewa utama yang disucikan
Mampu mengusahakan tambang emas dan perak
Suku Aztec tiap 52 tahun sekali mengadakan upacara besar-besaran yang dipusatakan di Hall of the Star, ibukota kerajaan Aztec.

◄ Newer Post Older Post ►
 

© mehrir Powered by Blogger | Google | Gmail