Mengapa Cinta Bisa Singkirkan Sahabat

Pernah merasa diri Anda tersisihkan karena sahabat mulai menjalin cinta? Jangan khawatir, Anda mungkin bukan satu-satunya orang yang merasa demikian. Sebab, menurut ilmuwan di Oxford University, setiap kali mulai menjalin cinta, kita 'membuang' dua teman terdekat.

 Penelitian menunjukkan, sebagian besar dari kita tidak memiliki cukup waktu untuk sebuah persahabatan intim dengan lebih dari empat atau lima orang. Dan, cinta dari pasangan baru membuat dua teman terdekat tersingkir, dan ia masuk ke lingkaran dalam perasaan Anda.

"Jika Anda menjalani hubungan romantis, sebenarnya sama dengan 'biaya' dua teman dekat. Daripada memiliki lima yang biasa saja, mereka lebih ingin memiliki empat teman dekat. Dan mengingat bahwa salah seorang dari mereka adalah orang-orang baru yang datang ke dalam kehidupan Anda, berarti Anda harus 'menyingkirkan' dua orang lain," kata Profesor Robin Dunbar, ahli biologi evolusi, seperti dikutip dari Daily Mail.

Menurut penelitian, pria cenderung memiliki empat atau lima teman dekat, sedangkan wanita lima atau enam. Namun, pria lebih mudah melepaskan teman-temannya saat mulai berhubungan romantis, hal itu jika dibandingkan dengan wanita, hal ini diketahui dari penelitian pada pria dan wanita yang berusia 18 hingga 60.

Perhatian sepenuhnya akan berfokus pada pasangan, dan Anda tidak lagi menganggap sahabat atau orang lain yang pernah menjalin hubungan dekat. Menurut profesor Dunbar bukan hanya pasangan yang bisa menjauhkan Anda dari sahabat. Memiliki anak atau anjing juga menimbulkan efek yang sama.

◄ Newer Post Older Post ►
 

© mehrir Powered by Blogger