masa tua 5 artis termiskin di Indonesia

Siapa bilang setiap artis akan memiliki masa depan cerah dan bisa hidup kaya raya? Kenyataannya masih ada beberapa artis yang masuk dalam kategori artis termiskin di Indonesia di masa-masa pensiunnya sebagai artis. Siapa sajakah mereka?
1. Laila Sari

Artis berusia 70 tahun ini awalnya dikenal sebagai penyanyi dan pemain sandiwara. Menginjak usia 15 tahun ia kemudian mulai merambah film layar lebar. Film pertama yang dibintanginya berjudul “Dinamika” pada tahun 1955.
Perempuan kelahiran Padang Panjang, 4 November 1940 ini setidaknya telah bermain di 20 film yang pernah diputar di tanah air. Sayang, prestasi masa mudanya dulu kini harus terkubur oleh kondisi ekonominya yang sulit.

2. Eddy Gombloh

Para pecinta film hiburan atau komedi pasti kenal artis yang satu ini. Supardi begitu nama aslinya, lahir tahun 1941 di Yogyakarta. Ia kerap bermain bersama Benyamin Sueb dan memerankan karakter orang yang lugu atau blo’on.
Dari 30 film yang dibintanginya, barangkali film “Tiga Janggo” adalah puncak kariernya, dalam film yang disutradarai Nawi Ismail itu, ia mendapat kehormatan menjadi bintang atau pemeran utama. Tak ada yang menyangka, di akhir hidupnya ia tercatat sebagai artis termiskin di Indonesia.

3. Tile

Nama lengkapnya Enun Tile namun lebih sering dipanggil Pak Tile. Pak Tile dikenal sebagai aktor utamanya dalam  film Si Doel dengan peran sebagai “Engkong”. Laki-laki yang wafat 2 November 1998 ini sangat kekurangan di akhir hidupnya.
Rumah yang ia tempati saja, tanahnya sewa per bulannya 50 ribu. Namun demikian semasa hidupnya, Pak Tile memang dikenal sebagai sosok sederhana. Bahkan ketika memulai karirnya dari panggung Lenong ia tak pernah mempersoalkan masalah bayaran.

4. Yati Surahman

Artis kelahiran Jakarta 53 tahun silam ini setidaknya telah tampil dalam 29 film yang diputar di tanah air. Namun prestasi yang paling membanggakan adalah ketika ia terpilih sebagai Best Actrees berkat film “Perawan Desa” yang dibintanginya oleh Fetival Film Asia Pasifik tahun 1980. Sejak saat itulah namanya mulai diperhitungkan. 
Namun sayang, wanita yang lahir tanggal 8 Agustus ini saat ini tercatat sebagai artis paling miskin di usianya yang tak lagi muda.

5. Aminah Cendrakasih

Wanita berusia 72 tahun ini pernah tercacat sebagai artis senior karena perannya di Sinetron Si Doel sebagai “Emak”.  Selain itu, lebih dari 70 judul film dibintanginya sejak tahun 1951. Ibunya, Wolly Sutinah, tak lain juga tercatat sebagai artis Indonesia yang menorehkan prestasi.
Di usianya yang tak lagi muda, Aminah Cendrakasih harus mengalami kemiskinan seperti yang menimpa beberapa artis lainnya dan masuk dalam kategori artis termiskin di Indonesia

◄ Newer Post Older Post ►
 

© mehrir Powered by Blogger