Belajar Menghias Blog

Ketika Anda berkunjung ke blog orang lain, Anda mungkin sering menemukan blog yang berhiaskan beraneka macam warna, gambar, teks yang bisa berjalan bahkan foto yang bisa melayang-layang. Blog itu menjadi kian menawan dan bagus. Hiasan ini tentu akan membuat pengunjung betah di blog kita, minimal… blog kita ada nilai tambahnya. Pernahkah Anda berpikir, bagaimana cara menghias blog Anda sehingga menjadi cantik dan enak dipandang mata seperti itu?

Sebenarnya itu tidak sulit kita lakukan, dan kita tidak perlu membelinya alias gratis. Kita bisa mendapatkannya melalui internet. Misalnya hiasan yang kita dapat dari Google seperti di blog ini, atau disini dan disini. Tentu saja semua asesoris blog tersebut bisa Anda dapat secara gratis.

Ini langkah-langkah yang saya lakukan.
1. Masuk ke web ini
2. Mendaftar dengan mengisi kolom-kolom yang mereka sediakan
3. Ikuti petunjuk yang ada...
4. Siapkan koleksi foto kita, bisa lebih dari satu lalu upload/masukkan foto kita.
5. Ambil code yang mereka berikan dan copy paste di skript/html blog kita.
6. Lihat hasilnya...foto Anda bisa melayang-layang....

Sebagai catatan, apabila penempatan asesoris blog ini proporsional tentu akan membuat blog tersebut lebih indah dan cantik tapi kalau sembarangan, jadi tidak karuan. Anda juga bisa menghias dengan witgetbox. Ok, selamat mencoba, semoga bermanfaat.



Rank Widget for your blog

Mau pasang widget Alexa Traffic Rank, Technorati Blog Rank, Google Page Rank, Yahoo Search InLink. Dengan mengunjungi situs Rank Widget kita bisa dengan mudah memasang widget tersebut, bahkan tampilan yang ditawarkan cukup menarik dan memiliki banyak pilihan warna yang tersedia (saat tutorial ini dibuat ada 10 jenis).

Penasaran??? ingin pasang widget keren ini, caranya sangat gampang ikuti tutorial berikut ini:

1. Silahkan ketik URL situs/blog pada input text seperti terlihat pada gambar berikut.

2. Centang/pilih pada radio button dari widget yang mau dipasang diblog.

3. Klik Get Rank!, Rank dan deskripsi singkat dari blog kita akan ditampilkan juga.

4. Selanjutnya geser layar kebawah dan lihat pada bagian Show this rank on your website/blog, pilih salah satu dari widget lalu copy/paste keblog.

5. Untuk widget yang lain caranya ulangi langkah 1 s/d langkah 4

Coba klik pada menu Recent Query, apa yang anda lihat??? benar itu deskripsi blog serta url-nya jadi kita bisa juga sekaligus promosi blog disini, walau hanya beberapa saat saja tapi list dari recent query ini cukup panjang. Kalau deskripsi blog kita mengandung keyword yang bagus bukan tidak mungkin ini akan jadi jalan masuk ke blog kita.

Gimana? Mau langsung pasang??? Okeyy... silahkan tapi jangan lupa komentar anda tentang widget ini

Domain Gratis


Tutorial pasang Hit Counter di blogspot

Widget blog yang satu ini cukup diminati oleh blogger karena berguna sebagai statistik blog sekaligus sebagai asesoris blog. Ada banyak situs yang bisa kita manfaatkan untuk keperluan ini, mis kita pake Site Meter. Cara pasang di blog ikuti langkah berikut ini:

1. login ke Site Meter
2. lihat pada gambar, klik Sign Up, pilih Site Meter Basic Free, klik Sign Up
3. pada bagian "Your Site's URL:" isikan URL situs/blog anda
4. pada bagian "Your Site's Name:" isikan title situs anda atau terserah apa aja
5. pada bagian "Codename" isikan code apa saja (min 5 karakter) , kode ini nantinya akan kita gunakan sebagai user login.
6. Centang pada "By Cheking this box i agree to be bound by Site's Meter Term of Service Agreement"

7. Klik Next
8. Isikan Email pada bagian Email Address, pilih Title, isikan Kode Pos pada Postal Code, pilih Country, Can you receive HTML email? pilih aja No, pilih Gender.
9.Klik Next
10. Klik Next
11. Klik Next
12. Jika sukses akan muncul pesan "Success! Thank You"
13. Selanjutnya buka email, lihat apa email verifikasi dari sitemter udah masuk. Soalnya dalam email ini terdapat Codename & Password kita. Jika belum ada silahkan menunggu (max 24 jam), jika sudah ada lanjutkan ke langkah berikut.
14. Ketikkan Codename dan Password yang diberikan (email), klik Login
15. Klik pada menu Manager (sub menu Manager tampil sebelah kiri), klik sub menu Meter style dan klik radio meter pada style yang anda suka dan klik tombol Select.
16. Klik HTML Code (sub menu Manager) dan Copy/Paste pd bagian Site Meter Javascript HTML (misalnya ke sidebar blog).
17. Selesai :)

Untuk widget menambah sidebar blog lihat disini. Selamat mencoba dan jangan lupa komentarnya klu udah berhasil. Klu gak sukses juga ya :)

Pasang Shoutbox diblogspot (2)




  • alamat email
  • password
  • nama lengkap
  • nama website
  • alamat website
  • deskripsi website
  • negara
  • security code sesuai dengan gambar yg ditampilkan

4. Periksa apa data yg anda input sudah lengkap dan benar, lalu klik Register

5. Kalau pendaftaran sukses, maka akan ada pemberitahuan seperti "you have finish the registration process. Please login to manage your account."

6. Login dengan username alamat email dan password yang anda masukkan saat mengisi formulir pendaftaran sebelumnya.

7. Setelah berhasil login, untuk memasang shoutbox keblog pilih menu "Install Shoutbox (sebelah kiri). Hingga muncul menu HTML Code, klik dan pilih settingan yang anda sukai (lihat pada gambar dibawah ini),untuk melanjutkan klik Next.

8. Langkah selanjutnya memilih konfigurasi, type, warna, template, anda bisa memilih settingan yang sesuai dengan selera dan background blog anda. Ikuti Step by Step mulai dari 1 s/d 5 dan setiap selesai melakukan setting klik "Choose This >>".

STEP BY STEP:
1. Set shoutbox configuration
2. Choose shoutbox type
3. Choose shoutbox color <= you're here 4. Choose shoutbox template 5. Copy and paste the HTML codes to your HTML page where you want to put the shoutbox


9. Setelah berhasil dari step 1 s/d 5, maka anda akan mendapatkan kode html/java script, kode ini akan kita gunakan untuk menampilkan shoutbox diblog. Copy code tersebut dengan cara blok semua kode, klik kanan pilih Copy.

10. Login ke blogger.com, dan pilih "layout" pada halaman Dashboard. Klik "Add a Page Element", tunggu sampai muncul tampilan "Choose a New Page Element", klik "Add to Blog" pada bagian "HTML/JavaScript".

11. Selanjutnya akan muncul tampilan baru "Configure HTML/JavaScript", nah paste kode disini. Klik "Save Change".

12. Setelah proses penyimpanan sukses, klik "View Blog" untuk melihat hasilnya.

Akhirnya setelah melewati tahapan yang cukup panjang, anda dan pengunjung sudah bisa menikmati hasilnya :).

Kalau menginstall widget oggix ini menunurut anda terlalu rumit, silahkan lihat tutorial pasang Shoutbox diblogspot (2). Jika menurut anda tutorial ini bermanfaat,

Pasang widget cantik milik MyBlogLog

Salah satu cara meningkatkan traffic ke blog yaitu dengan mendaftarkan blog kesitus komunitas/direktori, misalnya mybloglog, technorati. Cukup banyak manfaat yang dapat kita peroleh setelah bergabung disitus sejenis ini, salah satunya meningkatnya traffic keblog, membangun komunitas sendiri, keuntungan lainnya kita bisa memanfaatkan fasilitas yang tersedia sebagai accesories buat blog kita.

Widget cantik ini hadir untuk mengganti widget "recent readers" sebelumnya dan sekaligus fitur terbarunya setelah widget "about me" kurang diminati, ini merupakan widget kedua yang dirilis mybloglog setelah bergabung dengan yahoo.
Berikut ini screenshootnya:

Ada sedikit perbedaan dengan widget "recent readers" sebelumnya, untuk grafik/desain jelas kalau widget "recent visitor" lebih cantik.

Untuk fasilitas juga lebih yahud, widget "recent visitor" ini memiliki fitur semacam "preview readers" bisa dilihat jika mouse melewati photo dan nama dari readers tersebut. Dengan fitur ini juga bisa lebih memudahkan kita untuk menambah langsung daftar contact/teman kita di mybloglog, bisa juga menampilkan profile dan list situs/blog readers tersebut.

Seperti biasanya kita juga bisa men setup dari widget "recent visitor" ini, lihat gambar disebelah kiri.

Keterangan gambar:

Style :
Ada dua pilihan yaitu one column (menampilkan widget hanya satu kolom saja) dan multiple column (menampilkan widget dua kolom, untuk kolom yang satu lagi berupa saya sebut "preview readers").

Color :
Semakin banyak warna berarti akan semakin mudah kita untuk menyesuaikan widget dengan blog kita, sampai saat ini ada 7 warna yang bisa kita pilih diantaranya: Hitam, Biru, Coklat, Hijau, Orange, Ungu, Merah.

Images :
Digunakan untuk mengatur tampilan photo widget (Normal, Small).

Flyout Orientation :
Jika widget "recent visitor" memakai 2 kolom, nah kita bisa setting apakah "preview readers" akan kita tampilkan atau tidak (pilih none), disebelah mana (left or right). Setelah saya coba pake 2 kolom ternyata agak sedikit berat pada saat menampilkan photonya, tapi kelihatan oke karena informasi readers jadi lebih lengkap.

Kita juga bisa menyesuaikan dengan ukuran widget pada blog kita dan jumlah photo readers yang akan ditampilkan antara 1 s/d 100.

Pasang widget alexa di blog

Banyak orang yg membicarakan alexa dalam tulisannya, sebenarnya apa sich alexa itu? Klu menurut mas Vavai di postingannya Tips meningkatkan alexa rangking di blog :

Alexa adalah website yang menjadi bagian dari Amazon.com dan menyediakan informasi mengenai trafik suatu website. Alexa rank dapat dijadikan gambaran mengenai jumlah pengunjung yang mendatangi suatu blog dan terekam oleh Alexa.

Lebih lanjut Mas Vavai juga menyebutkan klu beberapa situs seperti ReviewMe, Text Link Ads, Adbrite, Sponsored Reviews, menjadikan alexa untuk mengetahui data dari publisher mereka. Tentu saja data publisher akan dibutuhkan untuk menentukan apakah publisher yang mendaftar layak di approve atau tidak.

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan peringkat/rank alexa salah satunya dengan memasang widget alexa di blog, berikut ini tutorial pasang widget alexa diblog.

Langkah-langkahnya:

1. Login ke alexa.com
2. Pada menu Developer's Corner pilih Widgets, maka akan tampil seperti gambar berikut:

Ada 3 pilihan yaitu:
Button (120 x 95 )
Vertical Banner ( 120 x 240 )
Banner ( 468 x 60 )


3. Ketikkan URL dari blog anda, lalu klik Build Widget, maka akan muncul seperti gambar berikut:

Copy/paste code html tersebut kedalam blog anda (sebelumnya tentukan dulu dimana widget ini akan dipasang, mis: sidebar)


4. Selesai

Blog gratis di detik.com

Kenapa menunggu besok? Ngeblog detik ini juga!
Jangan takut bersuara! Ungkapkan perasaan, pikiran, atau ekspresi apapun yang terlintas di blogdetik. Jutaan orang akan membaca tulisan Anda dan Anda bisa membuat perubahan dengan ngeblog detik!
Untuk Memulai blog anda silahkan daftar di sini
Blogdetik ini didukung oleh wordpress, jadi buat yang udah familiar dengan wordpress pasti tidak akan mengalami kesulitan dalam pemakaiannya. Untuk mendaftar caranya sangat mudah, cukup memasukkan informasi yang diminta dan mengklik link konfirmasi dari email kita.

Berikut ini beberapa data yang harus diinput:

Nama Pengguna:
Email Address:
Verivication:

tekan tombol Berikutnya untuk melanjutkan kehalaman berikutnya

blog domain:

Blog title:
privacy:

Gimana, berminat mencoba?

Widget keren dari MyBlogLog

Tampilkan Photo Dengan Slide Show


Setelah peluncuran fitur-fitur Google sebelumnya seperti polling, video upload, kini Google muluncurkan lagi fitur terbaru mereka buat blog anda yaitu Slideshow, fitur ini memungkinkan kita menambahkan slideshow dari photo-photo kesayangan kita untuk dibuat di sidebar blog. Fitur ini mendukung dan sudah terintegrasi ke situs photo yang sudah ada seperti Picasa Web Album, Flickr, Photobucket atau setiap situs/lokasi yang mendukung RSS.

Photo-photo itu akan muncul di sidebar blog, untuk memanjakan pemakainya google menyediakan tombol navigasi forward and backward and pause.

Bagaimana kalau saya tidak punya photo yang tersimpan di internet?

Google juga menyediakan solusi untuk masalah ini, coba anda perhatikan pada gambar diatas ada bagian Kata kunci. Nah, pada saat membuat slideshow pada bagian kata kunci ketik photo jenis apa yang akan anda tampilkan pada blog nantinya.

Bagaimana pendapat anda tentang fitur terbaru dari Google ini?

Pendapat saya setelah mencoba fitur slideshow ini, proses loading jadi lambat tapi selain itu semuanya bagus, apalagi photo yang mau kita tampilkan sesuai dengan content blog kita, pasti ini akan menjadi daya tarik tersendiri. Misalnya: photo-photo tentang mp3 player terbaru, photo tempat wisata atau photo tentang kegiatan workshop bersama, dll.

Share Your Photos to the world

Blogger: Video Uploding For Blogger



Pada tanggal 24 Agustus 2007 pihak blogger resmi merilis Video Uploading For Blogger, fasilitas ini memungkinkan kita untuk meng-upload videos dan membuat sebuah video podcast dengan sangat mudahnya. Video ini bisa diakses melalui menu posting, tepat berada disebelah kanan upload image.


When you go to the Blogger post editor, you'll see a new button () next to the image uploading one. Just select a video from your computer, wait a few minutes for the upload and processing to occur, and voila! Now when you visit your blog, you will see something like this (of course without Tomo, the Blogger Akita):

Format video yang disupport dan bisa di upload juga lumayan banyak diantaranya AVI, MPEG, QuickTime, Real, and Windows Media, sayangnya masih dikasi batas maksimum berat file 100 MB. Gimana apakah anda mau menconya sekarang?

Ya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya ya :)

Blogging: Tips Writing Effective Headline


Have you ever written a fantastic article and you haven’t got any link love from it? Maybe that’s because no one got interested in reading it in the first place. Why? Because of your headline!

Banyak orang tidak mau untuk membaca tulisan kita jika mereka tidak tertarik dengan apa yang mereka lihat pada paragrap pertama, tetapi bahkan banyak orang tidak ingin membaca headline/ melewatkan headlinenya. Sebagai contoh saya banyak mengikuti RSS feeds dan tentu saja akan ada informasi/tulisan setiap harinya yang masuk ke-email saya. Untuk membaca semua informasi/tulisan tersebut pasti membutuhkan banyak waktu sehingga saya hanya akan membaca sebagian saja, tentu saja artikel/tulisan yang dapat menarik perhatian sehingga mau tidak mau saya harus membacanya.


Sekarang bisa dilihat dengan menulis macnetic headlines kita bisa membuat orang untuk selalu membaca artikel/tulisan kita, jadi kita akan mendapat lebih banyak pengunjung, reader comments, high page rank, high traffic, yang pada akhirnya akan meningkatkan penghasilan adsense kita maupun program affiliasi yang lainnya. Sapa tahu juga ada diantara pembaca yang membuat link ke situs/blog kita.

Nah, berikut ini beberapa tips untuk membuat headline yang efektif.

1. Headlines aesthetics
Buat headlines lebih menonjol dari isi postingan, misalnya ukuran tulisan lebih besar, warna yang lebih mencolok, gunakan huruf besar, kalau perlu buat latar belakang headlines. Sebagai perbandingan, “Get paid for surf the internet” and “GET PAID FOR SURF THE INTERNET”.

2. SEO aspect of headlines
Headlines/title post termasuk hal pertama yang menjadi perhatian dari search engine, jadi usahakan setiap anda membuat headlines/title harus mengandung keyword yang sesuai dengan isi postingan.

3. ”How to” Headlines
“How to headlines” merupakan gaya penulisan umum dalam blogsphere, jadi hanya headlines/title yang benar-benar bermutu yang akan menarik perhatian pembaca kita. Contoh: ”How to increase your traffic?”

4. ”How I” Headlines
Orang akan selalu tertarik untuk belajar dari pengalaman orang lain, jika anda menulis article seperti ”How I made $1000 in a month”, maka buat orang merasa ingin mengetahui bagaimana anda mendapatkannya.

5. ”The secret of” headlines
Orang pasti akan tertarik pada hal yang misterius, trick rahasia dan akan selalu ingin mengetahui lebih jauh lagi. Contoh: ”The secret of SEO”.

6. ”Quick way” headlines
Siapa sich yang tidak mau cara cepat? Apalagi kalau biaya internet yang mahal, kita pasti akan milih cara-cara cepat (selagi masih wajar lhooooo) dari pada harus surfing , browsing kemana-mana dan makan waktu yang lama lagi.


7. ”List post” headlines
Menurut anda mana lebih bagus/menarik perhatian title ‘Increase paid survey revenue tips’; atau ‘7 ways to increase paid survey revenue’.

8. ”Funny, Unik” headlines

Walaupun sebenarnya isi postingan anda bukan membahas tentang hal-hal yang lucu abis, tapi kalau disajikan secara unik dan sedikit lucu pasti akan membuat pengunjung merasa harus membaca postingan tersebut. Contohnya lihat disitus Cosa Aranda pada postingan Situs Ini Adalah Situs PSK, tips: jangan sampai headlines/title tidak relevan dengan isi postingan, jangan sampai pembaca merasa dibohongi yang akhirnya kita dianggap kurang profesional, nanti yang rugi kita sendiri.

9. ”Provocative” headlines

Saya pertama kali lihat judul postingan seperti ini di blognya Priyadi dengan postingan "Anne Ahira Bukanlah Pahlawan, Dia Adalah Bagian Dari Masalah Internet". (Dalam hal ini saya tidak memihak pada siapa saja), tentu saja kita harus hati-hati dengan headlines/title yang satu ini karena ini sudah menyangkut pihak ketiga.

10. ”Tips, Tutorial” headlines

"Tips for getting backlink","Tutorial Pasang AdSense di Blogger", pemakaian kedua cara ini sudah sangat sering kita temukan bahkan para pemakai internet juga sangat sering memakai kata ini sebagai keyword pencarian di search engine, jadi sangat berpeluang sebagai pintu masuk ke blog kita. Semoga saja...

Nah, saatnya untuk istirahat dulu jangan lupa ya tinggalkan komentar dan kritik anda :). Semoga bisa memberi manfaat buat kita semua.

Tips: Link Exchange For SEO

Untuk meningkatkan posisi blog di Search Engine banyak sekali cara yang bisa kita terapkan, salah satunya dengan jalan mengoptimalkan Search Engine Optimation (SEO). pemilihan Keyword yang benar, pembuatan title blog yang singkat tapi jelas, mempromosikan ke blog directory, misalnya ikutan nampang di mybloglog, technorati, sebenarnya masih banyak lagi :).

Sebenarnya saya tidak sengaja menemukan cara ini, saya hanya mencoba menata link teman-teman agar terlihat rapi (padahal sampe sekarang juga belum rapi). Tanpa sengaja juga googling dengan keyword,"making money with blog". Emang sich cuma berada dihalaman kedua dari hasil pencarian google, tapi untuk judul sebuah link dari teman ini sangat membantu blog kita.

Coba hitung berapa banyak link dari rekan-rekan yang terpampang diblog anda, jika dari tiap-tiap link itu kita bisa membuat kombinasi keyword, maka bisa jadi blog kita akan kaya akan keyword. Tentu saja ini akan meningkatkan peluang blog kita dikunjungi ketika orang mencari lewat search engine.

Tips ini sangat mudah untuk dipahami dan diterapkan untuk blog kita, kekurangannya: link yang tadinya pendek maka setelah tips ini diterapkan maka menjadi lebih panjang dan makan tempat, tapi kalau untuk kebaikan blog kita menurut saya itu tidak jadi masalah besar. Toh kita hanya perlu mencari tempat yang sesuai sehingga linknya tidak terlihat janggal atau menggangu pembaca blog kita.

Ok, semuanya berada ditangan anda. Tidak ada satu orangpun yang bisa memaksakan keinginannya kepada orang lain, "bukankah didunia blog kita bebas berbuat apa saja asal tidak merugikan orang lain". :D

Selamat Mencoba

Website Traffic Down?

A well designed website is one of the most important keys in having a website at all. Yet I'm amazed at the amount of websites which seem to completely forget this!. Jonathan Harbaugh
Desain situs/blog yang bagus merupakan salah satu cara untuk meningkatkan traffic blog kita, saya yakin kalau anda juga setuju dengan pernyataan ini. Dengan alasan itu banyak para blogger yang berusaha untuk membuat tampilan situs/blognya sebagus mungkin sehingga menjadi suatu tempat tujuan yang nyaman, diharapkan para pencari informasi akan merasa senang untuk kembali lagi dilain waktu.

Jika ini sudah bisa kita sajikan buat para pembaca kita maka ini merupakan suatu keuntungan dan nilai tambah tersendiri buat situs/blog kita. Jangan lupa juga content situs/blog merupakan hal yang paling penting, so remember that,"content is king".


Untuk postingan kali ini penulis mau menyampaikan beberapa hal yang dapat membuat traffic situs/blog kita menurun. Sebenarnya tulisan ini saya rangkum dari Jonathan Harbaugh dengan judul aslinya Website Traffic Demolition . Berikut ini beberapa point yang disampaikannya:

Large Image

Pertama, perhatikan bahwa masih banyak orang yang online via modem jadi bisa kita bayangkan kalau harus menunggu berapa lama untuk menampilkan gambar yang terlalu besar. Kita harus mempertimbangkan apakah penggunaan gambar itu akan relevan terhadap setiap pembaca blog kita, jadi hindari penggunaan gambar yg terlalu besar dan gunakan format gambar yang lebih kecil.

CAPS

Menggunakan HURUF BESAR untuk chatting, emails dan website/blog sangat tidak etis. Dalam dunia online hal ini sangat tidak di anjurkan, karena ini menandakan bahwa anda sedang tidak senang alias marah-marah.

Tentu saja anda masih bisa menggunakan HURUF BESAR tapi harus dilihat untuk keperluan apa, misalnya: untuk judul, headlines atau when your relly want to get somebody's attention.

Under Construction Sign

THIS PAGE UNDER CONSTRUCTION, PLEASE COMEBACK LATER
Bayangkan anda sudah menuliskan URL dari suatu situs, selanjutnya yang anda hanya melihat satu baris tulisan diatas. Saya berani bilang kalau anda pasti kesal, lagian Who want to visit under construction website? Bukankah ini hanya akan membuang waktu dan uang kita saja, jadi tips jangan mempublikasikan website/blog anda kalau belum benar-benar rampung.

Counters

Seperti yang kita lihat hampir setiap blog yang kita kunjungi memiliki counters, coba lihat blognya mas Mario coba bandingkan dengan ata-rata pengunjungnya masih dibawah 100 (jadi sedih :( niee). Bagaimana dengan situs/blog anda?

Penggunaan counters ini ibarat mata uang mempunyai dua sisi yaitu ada keuntungan dan ada kerugian. Kenapa ada keuntungannya karena kalau rata-rata pengunjugnya perhari sudah diatas ribuan, itu berarti situs itu memberi manfaat sehingga para pencari informasi akan selalu berkunjung, biasanya situs/blog yang seperti ini sudah mempunyai pembaca setia.

You are a visitor 0000060

Ketika kita menemui situs/blog dengan counter yang masih minim, pasti kita akan berpikir bahwa situs/blog tersebut kurang memberi manfaat. Jadi daripada membuang waktu dan uang lebih baik buruan klik tanda silang disebelah kanan atas. Tips buat situs/blog yang masih baru dibuat: If you are going to use a counters,then use invisible ones that people can't see.

Music

Lain Lubuk, Lain Ikannya
Saya tidak tahu apakah ada hubungan dari peribahasa diatas dengan bahasan ini, tapi hal ini perlu kita perhatikan bahwa selera orang itu tidak semua sama. Beberapa orang mengakses internet dari tempat-tempat umum seperti: internet cafe, library, school, tentu saja jika anda menggunakan music ini akan membuat bising dan mengganggu orang banyak.

If people want to listen music, they can download the mp3, listen to the radio and buy a cassette.
Last Updated

This page was last updated on January 30th, 1999
Orang mau berkunjung ke website/blog karena beberapa alasan, informatif, useful, up to date (mungkin masih banyak alasan yang lain). Ketika orang menemukan tulisan seperti diatas jelas akan mengurangi mutu dari situs itu sendiri, satu alasan lain karena dunia internet atau dunia komputer merupakan salah satu yang tercepat dalam inovasi, setiap hari berkembang bahkan setiap detiknya. Tips: Usahakan untuk mengupdate situs/blog anda setiap hari, sebenarnya blog ini juga tidak bisa diupdate setiap hari tapi minimal 4 kali sebulan, ini sangat mempengaruhi juga untuk meningkatkan posisi di search engine google, yahoo, maupun search engine yang lainnya.

Color Selection

Penggunaan warna yang sesuai perlu diperhatikan, pemilihan warna latar belakang dengan warna postingan sangat memperngaruhi kenyamanan dalam membaca tulisan yang disajikan. Tulisan yang bermutu dengan warna yang norak mungkin saja kalah dengan tulisan yang sekedar curhat tetapi pemilihan warna sesuai sehingga nyaman untuk dibaca. Tapi semuanya sepenuhnya terserah anda, untuk blog pribadi semua serba bebas, bebas memilih topik, bebas menulis apa saja (asal tidak merugikan pihak lain), sama sekali tidak ada yang bisa melarang anda.

Spelling/Grammer

Mungkin anda jadi teringat ketika menyusun skripsi, coba anda ingat berapa kali di suruh dosen pembimbing untuk koreksi hanya karena spelling and grammer yang salah. Ketika kita mengunjugi suatu website/blog, menemukan kesalahan dalam penulisan Spelling anda Grammer, pasti akan muncul pertanyaan,"Bagaimana kredibilitas dari website/blog tersebut, tentu pembuatnya juga termasuk".

Kalau anda ingin mengetahui diri anda yang sesungguhnya maka mintalah pendapat dari orang-orang disekitar anda.


Increase your traffic with mybloglog

Traffic, traffic, traffic! We all want more traffic but sometimes it can be hard to sift through all the things you can do and figure out the best way to increase your traffic. Here are one things you can do and this way will increase your traffic.
Sebenarnya pada tulisan sebelum ini saya sudah pernah menyampaikan beberapa cara untuk meningkatkan traffic dari blog kita, salah satunya dengan mendaftar di Mybloglog.com. Untuk tulisan kali ini akan membahas lebih detail tentang cara mendaftar ke mybloglog, cara memasang recent reader ke blog kita, untuk pembuatan tag di mybloglog.com lihat postingan Tag di mybloglog .

Pada awal belajar membuat blog saya benar-benar buta dengan yang namanya blog, html, css, jadi ketika saya surfing ke bloger yang seperti blognya Mas Agus Hery dan Mas Mario Gagho , disana saya melihat gambar-gambar yang tersusun banyak dan belakangan saya ketahui bahwa gambar-gambar itu adalah salah satu fasilitas dari mybloglog.com yaitu recent reader yaitu para member dari mybloglog yang berkunjung keblog kita.

Jadi dengan adanya recent reader ini akan memudahkan kita untuk mengetahui siapa saja dari teman kita yang berkunjung pada setiap harinya :).

Cara Register ke mybloglog.com

1. Pada addressbar ketikkan mybloglog.com
2. Isikan data-data anda pada bagian Sign Up Now.

Screen Name :
Email :
Password :
Blog/Site URL (optional) :

3. Setelah itu anda akan mendapat email, login ke email dan klik link verifikasi yang tersedia, fungsinya untuk mengaktifkan kita sebagai member di mybloglog.com


Cara Memasang Recent Readers

Klik tombol Recent Readers, pada bagian Recent Readers (tracking script is included) setting color, width, show screen names, image size, rows dan title. Selanjutnya klik tombol Preview and Get Code, jika anda sudah mengikuti tutorial nya dengan benar maka copy/paste code dibawah tulisan "Recent Readers Widget Display & Code". Contoh tampilan yang dihasilkan dapat dilihat dibawah code html tersebut. Untuk mengatur ulang klik tombol back pada browser yang anda pake, selanjutnya buat setting yang anda sukai dan jangan lupa copy/paste ke blog anda.

Untuk posisi recent readers sepenuhnya terserah pada anda tapi para blogger biasanya menempatkannya di sidebar blog dan di bagian paling bawah postingan. Untuk yang memakai blogger dan menggunakan page element kita bebas memindahkannya kapanpun, misalnya ketika posisinya kurang pas atau menghalangi.

Referral 2.0: More Choices to Make Money Online


Banyak sekali yang bertanya,"Kenapa Iklan adsense saya yang tampil adalah iklan layanan masyarakat?". Seperti yang sudah disampaikan oleh pihak google bahwa untuk iklan adsense tidak support terhadap semua bahasa didunia ini, iklan adsense bisa ditampilkan kalau situs/blog yang memakai bahasa Inggris, bahasa-bahasa di Eropa, Jepang dan China.

Jadi selain bahasa yang sudah di sebutkan diatas tidak bisa menampilkan iklan adsense, termasuk b.indonesia. Tapi walaupun begitu, masih banyak kita lihat situs/blog dengan b.indonesia masih tetap bisa menampilkan iklan adsense. Kita pasti sering bertanya kenapa rekan-rekan seperti Edittag, Vavai, eglodkoe.



Setelah saya tanya apakah ada trick atau tipsnya, ternyata jawaban mereka singkat saja diantaranya, mungkin keywordnya bagus, buat tulisan diselingi dengan b. inggris, buat kutipan yang berbahasa inggris, judul postingan berbahasa inggris, buat anchor text yang berbahasa inggirs.

Kelihatannya memang perlu untuk dicoba, untuk hal ini saya sendiri juga belum berhasil, jadi mulai sekarang tips ini akan saya terapkan untuk postingan-postingan berikutnya.

Setelah munculnya product terbaru dari google yaitu Referral 2.0, kita diberi kebebasan untuk memilih sendiri iklan yang mau kita tampilkan. Dengan program ini akan lebih memudahkan kita untuk meningkatkan penghasilan kita dari iklan google, yang diperlukan hanya sedikit kejelian untuk memilih iklan yang mau ditampilkan.

Seperti yang sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya bahwa referral 2.0 ini PPA (Pay Per Action) jadi baca dulu keterangan dari setiap pemasang iklan, kita dibayar setiap ada orang yang melakukan action terhadap iklan yang dipasang, diantaranya setiap melakukan transaksi pembelian terhadap suatu product, melakukan registrasi, melakukan download dan hanya sekedar mengunjugi situs tersebut. Sebelum memasang iklannya perhatikan dulu setiap ketentuan yang ada dan lihat juga berapa bayaran setiap masing-masing iklan yang dipasang.

Untuk lebih lanjut lihat tips-tipsnya di situs mas Cosa Aranda melalui postingan Menangkap Peluang Google Referral 2.0, intinya walaupun blog kita berbahasa Indonesia dan tidak bisa mendulang $$$ dari iklan adsense kita tetap mempunyai pilihan lain, yaitu mengikuti program referral.

Bagaimana dengan anda apa berminat mengikutinya, sebagai contoh lihat iklan paling atas dari postingan ini.

Cara mengganti template blogger

1. Download a template then open it with Notepad.

2. Copy (Ctrl+C) the code.

3. Login to New Blogger with your Google account.

4. On your Dashboard choose blog you want to edit, Click on Layout, you'll go direct to Template tab where blog you want to Edit.

5. Choose the Template tab of your blog then click on Edit HTML.

6. Copy all the code of the template you wish and paste it into your blog.

7. Click on SAVE TEMPLATE and you are done!.

8. Republish your blog.


All done, have fun with your new template! :)

Pasang kategori diblog

Untuk menjawab email mas David Bustandi tentang gimana caranya pasang kategori di blogger, akhirnya saya putuskan untuk membuat postingannya diblog ini.

Pertama login dulu ke accoung bloggernya mas David, pilih blog yang mau dibuatkan kategorinya, klik layout, untuk selanjutnya ikuti langkah berikut.

Untuk membuat kategori seperti diblog ini sebelumnya kita harus memberi label pada setiap postingan blog. Caranya sebelum mempublikasikan postingan isikan label/kategori untuk postingan tersebut, (mis: Tips, Tutorial, AdSense, sesuaikan dgn postingan kita) posisinya berada dibawah tempat postingan/tulisan ditandai dengan Label untuk postingan ini.

Kalau seandainya sudah terlanjur mempublikasikan postingan jangan kuatir, caranya dari edit postingan isikan label untuk postingan tersebut lalu publikasikan lagi postingan tersebut.

Langkah selanjutnya menambah element untuk kategori tersebut caranya klik Tambah sebuah elemen halaman, setelah window elemen muncul pilih label / klik Tambahkan ke blog lalu Simpan perubahan, tentukan posisinya diblog anda.

Mudah-mudahan setelah membaca postingan ini anda sudah bisa membuat kategori untuk blognya sendiri.


◄ Newer Post Older Post ►
 

© mehrir Powered by Blogger